Kamis, 06 Juni 2013



Nama         : Puji Hastuti
NIM           : A 510110182

REFLEKSI  PEMBELAJARAN  ICT

Pada hari pertama pembelajaran ICT yang di ampu oleh ibu Nur Amalia, seperti halnya mata kuliah lain kami dan Bu Nur Amalia membuat kontrak kuliah selama satu semester kedepan. Kontrak kuliah yang kami buat juga hampir samadengan mata kuliah lain, yang membedakan ialah dalam perkuliahan ICT mahasiswa diperbolehkan untuk makan dan minum selama tetap dalam batas kewajaran dan tak mengganggu berjalannya pembelajaran. Tentu saja kami kami sangat senang karena tidak semua mata kuliah yang saya ambil dosen memberikan kebijakan seperti itu. Sebagai mahasiswa kami setuju dengan kebijakan tersebut karena perkuliahan kami dilaksanakan jam pertama jadi kebanyakan dari kami belum sempat sarapan.
Pada pertemuan ke 2 kami belajar mengenai apa itu teknologo pendidikan dan pendidikan teknologi. Semula saya kurang paham karena dari lembaran yang diberikn kepada kami penjelasannya menggunakan bahasa inggris, tapi setelah bu Nur Amalia menerangkan saya cukup paham mengenai materi. dalam lembar materi yang diberikan kepada kami terdapatteori barwa pembelajaran yang baik itu ialah saat kita ikut terjun langsung melaksanakannya( tidak hanyamembaca atau mendengarkan saja).  kemudian kami juga menjadi paham  mengenai termasuk apa tipe belajar kami berdasarkan tindakan yang sering kami lakukan.
Beberapa pertemuan berikutnya kami di kenalkan dengan adobe flash yaitu salah satu media pembelajaran yang hampir menyeruapi PPT namun tampilannya lebih bagus. pada beberapa pertemuan ini saya kurang bergitu tertarik karena menurut saya dalam pembuatan media dengan flash ini tidak bisa dibilang mudah dan waktu yang digunbakan dalam pembuatannya juga tidak singkat seperti PPT. Partisipasi saya dalam kelompok dalam beberapa pertemuan ini ialah mencatat langkah-langkah dalan rumus yang dapat digunakan dalam pembuatan media mengguanakan addobe flash.
Setelah pembelajaran mengenai adobe flash selesai  kami membawa buku gambar dan beberapa spidol warna. Saya sangat tertarik dalam pembelajaran kali ini karena pada pembelaran ini saya diyakinkan bahwa semua orang bisa menggambar dan kami bisa mengetahui kondisi psikis anak  dengan menyuruhnya menggambar. Saya baru memahami bahwa saat seorang anak tidak bisa mengungkapkan  masalahnya dengan bicara mereka bisa berkomunikasi dengan apa yang mereka gambar. Gambar juga bisa  menjadi media yang dapat membantu anak yang kesulitan dalam merangkai cerita dan imajinasi mereka. Saya kecewa karena pembelajaran ini hanya berlangsung satu pertemuan.
Sebelum menginjak pada pertemuan berikutnya kamimendapat tugas untuk menyaksikan lomba dalam pembuatan alat peraga untuk anak SD dimana tugas tersebut merupakan tugas kelompok dan harus mewakilkan salah satu anggota kelompok untuk menyaksikannya. Kali ini saya merupakan perwakilan dari kelompok utuk menyaksikan lomba alat peraga tersebut. Sebenarnya saya tertarik sekali menyaksikan lomba tersebut karena itu dapat menjadi referensi saya kelak saat menjadi guru dalam membuat media yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang saya berikan, namun saya sangat kecewa karena ruang yang digunakan untuk lomba alat peraga tersebuta terbilang sempit jadi untuk dapat melihat saya harus antri setelah kloter sebelumnya  keluar, dan di dalam melitah lomba tersebut saya kurang begitu puas karena saya hanya diberikan kesempatan untuk melihat 3 dari sekian penampilan dari beberapa universita yang ikut serta dalam lomba tersebut,selain itu saya juga kurang puas karena dua dari tiga presentasi mengenai media tersebut yang tidak mengahadap pada
Pada beberapa pertemuan berikutnya kami dikenalkan dengan story bird yaitu salah satu media yang tersambung dengan internet dimana media tersebut dapat memilih yang sudah tersedia yang sesuai dengan tema dan cerita yang dibuat. Tugas pembuatan story bird ini saya nikmati karena saya rasa sangat menyenangkan bisa membuat cerita sesuai dengan kreatifitas yang saya miliki di bantu dengan gambar-gambar yang dapat mendukung cerita saya agar lebih menarik. Hal menyenangkan lainya ialah setelah tugas membuat story bird sudah kami selesaikan kami dapat membaca story bird karya teman-teman satu kelas dan dapat memberikan argument ats karya yang telah teman-teman saya buat. Rasa senang saya bertambah saat saya mendapatkan 1 heart dari Bu Nur Amalia. Story bird  sangat cocok untuk membantu siswa mengembangkan kreatifitasnya dalam membuat cerita dengan runtut dan menarik.
Pembelajaran terakhir telah usai saya senang, karena sebentar lagi saya menginjak semester lima yang artinya semakin dengan dengan kelulusan,namun saya berharap semester depan dapat di ampu oleh dosen seperti bu Nur Amalia yang dalam pembelajarannya saya merasa nyaman, santai namun serius, dan saya rasa bu Nur  Amalia  menghargai pendapat mahasiswa apapun itu karena berpendapat itu merupakan nilai plus tidak hanya berpatok pada benar atau tidaknya pendapat tersebut namun dapat juga dilihat dari keberanian melatih mental  untuk berbicara dihadapan banyak orang.


0 komentar:

Posting Komentar

shincan MPICT IV D © 2008 Template by:
SkinCorner