Kamis, 16 Mei 2013



ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN

Nama         :  Puji Hastuti
NIM           :  A510110182
Kelas         : IV D

1.      Volcanos Eruption
Oleh: Mahasiswa UNS 3
·         Alat dan Bahan  yang digunakan diantaranya ialah:  gunting, cutter, pensil, cat air, kardus bekas, kantong bekas semen, kantong plastic hitam, air, lem.
·         Alat peraga ini berupa gunung yang teerbuat dari kantong semen bekas yang dilapisi plastic, terdapat rumput-rumput asli disekitar gunung agar terlihat lebih hijau.
·         Alat peraga ini di gunakan untuk menerangkan materi erupsi pada gunung berapi pada siswa SD. Alasan pembuatan media ini ialah untuk mempermudah siswa SD untuk memahami materi erupsi gunung berapai karena kebanyakan siswa SD kurang mampu memahami materi ini. Dengan media atau alat peraga ini diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi.
2.      Recycle Garden
oleh: Mahasiswa Universitas Muria Kudus
·         Bahan yang digunakan  dalam pembuatan media ini ialah memanfaatkan barang-barang atau sampah-sampah bekas  yang dalam pembutannya hanya menghabiskan dana Rp 8.000,00.
·          Alat peraga ini menyerupai muniatur lingkungan yang dilengkapi dengan kincir air yang terbuat dari akua bekas,terdapat juga bebatuan,tumbuh-tumbuhan, bentuk bangun dan segala sesuatu yang bersangkutan dengan tema yaitu lingkungan.

·         Alat peraga ini di tujukan untuk pembelajaran pada kelas Dua semester  dua dengan Tema lingkungan. Karena pada kelas dua pembelajaranya Tematik maka  media ini dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat menyangkut lima mata pelajaran yang diintegrasikan. Media atau alat pegara ini mencakup semua kompetensi dasar jadi media ini tidak hanya dipakai satu kali pembelajaran namun berulang kali selama tema pembelajarannya masih tentang lingkungan. Diharapkan dengan media atau alat peraga ini dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3.      Daur Hidrologi
·         Media ini dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan materi mengenai daur hidrologi mulai dari air laut yang menguap sampai turun hujan yang airnya menyerap ketanah dan mengalir kembali ke laut.
·         alat peraga ini juga menggunakan senter sebagai matahari, botol akua yang diberi selang agar air dapat mengalir  untuk menjelaskan bahwa air memiliki banyak keguaan yaitu untuk menyirami tumbuhan,dan kebutuhan sehari-hari seperti halnya minum,masak mencuci dan lain sebagainya.

*        Mohon maaf karena terbatasnya waktu yang diberikan dalam menghadiri presentasi mengenai alat peraga tersebut  penulis hanya mampu  merangkum beberapa alat peraga dari berbagai alat peraga
                 

0 komentar:

Posting Komentar

shincan MPICT IV D © 2008 Template by:
SkinCorner